Mau Blog kamu Menghasilkan Uang. Daftarkan Blog kamu di kumpulBlogger.com

Peranan Basis data

/

Assalamualaikum wr.wb

Mau sharing Ilmu nih. Kali ini saya mensharingkan sekitar Database atau kalo bhs indo nya "Basis Data" yang saya sharingkan sekitar Peran/Fungsi dari Basis Data itu sendiri.
yang saya tahu peranan basis data ada 7, nanti saya akan sebutkan beserta penjelasannya. nah peranan basis data sebagai berikut :


  1. Ketersediaan/Availability : Basis Data harus diorganisasi sedemikian rupa sehingga data selalu tersedia ketika diperlukan.
  2. Kecepatan dan kemudahan : Basis Data harus bisa menjamin bahwa data dapat diakses dengan mudah dan cepat ketika diperlukan.
  3. Kelengkapan/Completeness : Data yang tersimpan dalam Basis Data harus lengkap, agar dapat melayani semua kebutuhan penggunanya.
  4. Keakuratan/Accuracy : Menurut saya bagian ini merupakan hal yang penting dalam Database (basis data), agar dapat meminimalisir kesalahan baik pada penginputan maupun pada penyimpanan.
  5. keamanan/Security : Ini juga Penting nih (skalian smuanya aja penting ya..he..he.) , mana ada yang mau data-data diliat orang(apalagi yang Nggak bertanggung jawab).
  6. Pemakaian bersama/Data Sharing : basis data umumnya dirancang agar dapat digunakan oleh berbagai unit kerja dan tidak terbatas pada satu pemakai , satu lokasi atau satu aplikasi saja.
  7. Efisiensi penyimpanan / storage efficiency : organisasi basis data sebaiknya menghindari duplikasi karena duplikasi data , karena duplikasi data memperbesar pemakaian ruang penyimpanan.System pengkodean dan relasi data diterapkan agar dapat menghemat ruang penyimpanan.
nah sekiranya jelas yah penjelasan di atas, jika ada salah kasi tau ya lewat komen anda, sekiranya kita bisa sharing sama-sama.
(Sumbernya : dari berbagai sumber yang di googling,buku,atau dosen-dosen saya hhe..he.)

Terima Kasih,
Haturnuwun.

jangan lupa ya komenx..











cari penghasilan internet disini aja

0 comments:

Posting Komentar

Banner

Visitors

Kumpul Blogger

Support

Site Meter Submit Express Inc.Search Engine Optimization Web Directory
OnToplist is optimized by SEO
Add blog to our directory.